Melalui LCCK, KIM Padmasari Terapkan Kerja Cerdas Untuk Kedepannya

Madiun – Selasa pagi (20/3) terlihat peserta berseragam batik dan berkerudung kuning sedang mengikuti Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) tingkat Madiun yang diadakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di GOR Willis Kota Madiun. Rombongan yang kompak dengan seragam batik ini perwakilan dari KIM Padmasari Kelurahan Patihan Kota Madiun.

Diwakili Ria, selaku ketua dengan senang hati mengungkapkan kegembiraan dan antusiasnya dalam mengikuti perlombaan. Seperti halnya tim lain, Ria optimis timnya pun dapat maju di grand final Kamis mendatang.

“Kegiatan ini merupakan umpan positif yang harus kami tangkap dengan kerja yang cerdas,” ungkapnya.

Seperti peserta lainnya, KIM Padmasari juga melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan mempersiapkan bahan untuk penyajian blog agar lebih berisi. Tidak menutup kemungkinan bahwa tim-nya memiliki kelemahan. Ini terlihat dari pengakuan Ria bahwa salah satu kesulitan yang dialami KIM Padmasari lebih kepada rutinitas pengisian blog itu sendiri.

“Banyaknya sumber berita yang ada di Kelurahan Patihan merupakan keunggulan dari tim kami, hanya saja kami masih membutuhkan waktu dalam mengembangkan berita,” jelasnya.

Meskipun terdapat kelemahan dalam penerapannya, adanya pembinaan dari Pemkot Madiun sangat membantu tim KIM Padmasari dalam menyalurkan kembali informasi yang didapat kepada anggota lain maupun masyarakat. Terlihat dengan aktifnya kegiatan di lingkup Kelurahan Patihan seperti kelompok rajut, batik, dan kegiatan bank sampah.

“Komunikasi yang kami lakukan sangat terbuka dengan adanya Whatsapp, relawannya juga sangat terbuka dan paham bahwa maju itu tidak bisa sendiri, maju itu harus bersama-sama,” pungkasnya.

Tahun ini, KIM Padmasari berfokus pada pemberdayaan perempuan di PKK. Hal ini didasari karena belum adanya usaha murni yang dimiliki oleh tim. Namun, beberapa pencapaian sudah dilakukan dengan terjalinnya kerjasama membuat KIM Padmasari dapat merangkul pemuda di era digital seperti saat ini.